Senin, 28 November 2011

Soal semester Gasal

I.        Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

Paragraph untuk soal nomor 1 dan 2

Dari uji praklinik maupun klinik, dapat disimpulkan bahwa pare sangat berpeluang dijadikan sumber firofarmaka antidiabetes. Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian secara ilmiah mengenai kemampuannya menurunkan kadar glukosa darah pada hewan uji dalam kondisi normal maupun diabetes. Dilaporkan, ekstrak air buah pare menunjukkan efek hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah) pada mencit normal maupun diabetes yang diinduksi streptozotosin.

  1. gagasan pokok yang terkandung dalam penggalan wacana di atas adalah …
A.    Hasil uji praklinik maupun klinik tentang pare
B.    Pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes
C.    Pebelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian
D.    Pare menurunkan kadar glukosa dara pada hewan uji
E.    Eksrak air buah pare menurunkan kadar glukosa/darah pada orang normal


  1. paragraph di atas merupakan paragraph yang berjenis …
A.    Deduksi                                             D. narasi
B.    Induksi                                               E. deskripsi
C.    Campuran


  1. Perhatikan paragraph berikut!
Yang beredar di masyarakat. Pemunculan barang tersebut sudah sampai di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Ada yang dikategorikan barang mewah dan ada pula yang dikategorikan bukan barang mewah …
Kalimat kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah …
A.    Keistimewaan alat itu sangat mencengangkan.
B.    Sudah muncul lagi model baru tahun ini.
C.    Memang produksi Indonesia bersaing.
D.    Teknoilogi canggih perlu dimiliki oleh masyarakat.
E.    Perkembangan teknologi dewasa ini sangat pesat.

  1. Perhatikan paragraph berikut!
Memasuki pembangunan jangka panjang tahap dua tantangan yang kita hadapi semakin besar. Tantangan itu berbentuk globalisasi ekonomi Negara industri, penguasaan teknologi canggih, persaingan terbuka, dan proteksi dalam blok-blok perdagangan internasional.
Kita telah mencapai berbagai kemajuan dalam bidang ekonomi, keuangan, dan industri. Kemajuan itu akan tetap menjadi basis dan plangkal tolak pembangunan selanjutnya. Dalam hal ini iptek ditetapkan sebai asas pembangunan.
A.    Induktif                                              D. Sebab akibat
B.    Deduktif                                            E. Kontroversi
C.    Akibat sebab

Percakapan untuk soal nomor 5 – 9.

1)     Pk Yanto       : “Adi, kemarilah!”
2)     Adi                : (berjalan dan menemui Pak Yanto) “Ada apa Pak!”
3)     Pak Yanto      : “Tolong Bantu Bapak membersihkan lantai garasi yang terkena oli.”
4)     Adi                : “Baik, Pak. Saya akan mengambil lap dan kain pel dulu.”
5)     Pak Yanto      : “Di, sekalian ambilkan minyak rem dan peralatan di gudang belakang.”
6)     Adi                : “Ya, Pak.” (Adi segera ke gudang dan mengambil peralatan)

  1. Kalimat lperintah di atas disampaikan oleh …
A.    Atasan kepada bawahan.
B.    Bapak kepada anaknya.
C.    Anak kepada orang tuanya
D.    Seseorang kepada temannya.
E.    Bawahan kepada atasannya.

  1. Kalimat perintah dalam percakapan tersebut terdapat pada kalimat nomor …
    1. 1), 2), dan 3)                                D. 2), 4), dan 6)
    2. 1), 3), dan 5)                                E. 3), 4), dan 5)
    3. 2), 3), dan 4)

  1. Kalimat lperintah dalam percakapan tersebut termasuk kalimat perintah yang berbentuk …
    1. Berita                                           D. Peringatan
    2. Biasa                                           E. Ajakan
    3. Larangan
  2. Jumlah kalimat tanya yang terdapat dalam percapakan adalah
    1. Satu                                            D. Empat
    2. Dua                                             E. Lima
    3. Tiga

  1. Isi pokok perintah dalam percakapan tersebut adalah …
    1. Adi dan Pak Yanto diminta segera membersihkan lantai gudang yang terkena minyak rem kemudian segera mengambil peralatan di gudang belakang.
    2. Adi diminta membersihkan gudang yang terkena oli dan minyak rem. Sebelumnya Adi harus mengambil lap pel dan peralatan di garasi.
    3. Adi diminta dating kepada Pak Yanto untuk membantu membersihkan laintai garasi yang terkena oli dan mengambilkan minyak rem dan perlatan dari gudang.
    4. Adi diminta segera memberihkan lantai garasi dengan lap pel dan segera mengambil minyak rem dan peralatan dari gudang belakang
    5. Adi diminta segera mengambil lap pel untuk membersihkan lantai garasi yang terkena oli dan segera mengambil minyak tem dan peralatan dari gudang

  1. Kata tinggi pada kalimat berikut merupakan kata sifat, kecuali …
    1. Pohon akasia yang tumbuh di depan rumahku tinggi sekali
    2. Gunung Rinjani adalah gunung yang tertinggi di Pulau Lombok.
    3. Tinggi gunung Himalaya 8.888 meter.
    4. Gunung yang tinggi itu belum pernah didaki
    5. Amin lebih tinggi lima sentimeter daripada Hasan

II.         Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat!
  1. Ubahlah informasi verbal berikut ini menjadi informasi nonverbal!
Dari hasil lpenelitian ternyata penumpang busway bersal dari berbagai kalangan. Ada yang berprofesi sebagai buruh, pedagang, pegawi negeri,pengusaha, ataupun pelajar. Penumpang busway yang memiliki profesi buruh sebanyak 15%. Penumpang busway
  1. Buatlah kalimat perintah ajakan sebanyak 2 kalimat!
  2. Buatlah perintah kerja dalam bentuk memo!
  3. Apa yang dimaksud dengan perintah kerja tertulis!
  4. Bagaimana cirri memorandum!
  5. Apa yang dimaksud dengan kata dasar!
  6. Sebutkan cirri-ciri kata kerja!
  7. Apa yang dimaksud dengan kamus umum!
  8. Jelaskan perbedaan diskusi kelompok dan diskusi panel!
  9. Siapa saja pelaksana dalam sebuah diskusi!

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

I.      Paragraph digunakan untuk soal nomor 1 dan 2.

1)     Dunia anak memang dunia bermain. 2) Namun memilih mana permainan yag bermanfaat bagi sang buah hati, tentu penting. 3) Jangan sampai anak hanya terpaku di depan televise bermain game, asik dengan dunianya sndiri. 4) Tak perlu mengeluarkan uang, permainan tradisional yang terlupakan mungkin bias menjadi pilihan permainan bagi putera-puteri Anda. 5) Selain melatih fisik dan mental, anak pun dituntut bersosialisasi dengan teman-temannya.

1.     Kata ulang pada kalimat nomor (4) dapat diubah dengan kata …
A.    Ongkos                                                      D.   Duit
B.    Biaya                                                          E.   Upah
C.    Beaya

2.     Kalimat yang mengandung kata tidak baku terdapat pada nomor  …
A.    (1)                                                                    D.   (4)
B.    (2)                                                                    E.   (5)
C.    (3)

3.     Kata-kata bercetak miring yang penulisannya tidak baku dijumpai pada kalimat …
  1. Dengan menyilangkan berbagai vaietas tumbuhan diperlukan waktu lima belas tahun untuk menghasilkan varietas baru.
  2. Untuk membantu siswa dalam memilih masa depannya di sekolah diberikan bimbingan karier.
  3. Akibat hujan terus-menerus , jadwal pertandingan menjadi kacau.
  4. Kita harus konsekwen dengan semua yang sudah disepakati.
  5. Angka kriminalitas meningkat terus walaupun sudah dilakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Bacaan berikut untuk soal nomor 4 dan 5.

Setiap makhluk hidup memerlukan energy untuk bernapas, mencari makan, dan melakukan kegiatan lain. Kita mengenal bermacam-macam energi, seperti energi cahaya, energy matahari, dan energy gerak. Semua energy yang ada sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Untuk itu manusia harus menyadari bahwa sumber energy yang digunakan secara terus-menerus akan terancam habis. Sehubungan dena kenyataan tersebut kita hendaknya melakukan penghematan energi.

4.     Pokok pikiran paragraph di atas adalah …
  1. Ajakan untuk menghemat energy.
  2. Setiap manusia memerlukan energy.
  3. Energy lama-kelamaan akan habis.
  4. Manfaat energy bagi kehidupan manusia.
  5. Macam-macam energy yang ada di bumi.

5.     Opini yang terdapat dalam paragraph di atas adalah ...
  1. Setiap makhluk yang hidup memerlukan energy.
  2. Energy sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
  3. Di lingkungan kita ini terdapat bermacam-macam energy.
  4. Energy yang digunakan secara terus-menerus akan terancam habis.
  5. Hendaknya dilakukan penghematan energy

6.     Bacalah paragraph berikut dengan cermat!
Setiap orang memiliki kegemaran sendiri-sendiri. Kegemaran itu bermacam-macam. Kadang-kadang ada yang aneh-aneh: ada yang gemar mendaki gunung, ada yang gemar memelihara hewan, ada yang gemar menonton film, bermain catur, dan mengumpulkan kartu telepon. Singkatnya ada bermacam-macam kegemaran orang yang biasa disebut hobi.

Topic paragraph trsebut adalah …
  1. Bermacam-macam kegemaran orang.
  2. Kegemaran mendaki gunung.
  3. Mengumpulkan kartu telepon.
  4. Gemar memelihara hewan.
  5. Kegemaran orang bermain catur.

7.     Kalimat yang menyatakan hasil adalah …
  1. usaha pengembangan kesenian tradisional sudah berlangsung tiga tahun yang lalu.
  2. Gagasan itu sudah selayaknya dilakukan karena telah disetujui semua peserta rapat.
  3. Perjalanan kesenian tradisional menjadi kesenian tradisional menjadi kesenian modern sudah selayaknya mendapat apresiasi dari warga.
  4. Pengembangan kesnian tradisional harus didukung seluruh lapisan masyarakat.
  5. Generasi muda sudah seharusnya melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional.

8.     Deretan berikut yang menggunakan kata-kata baku adalah …
  1. Metoda, prangko, kwitansi
  2. Metoda, perangko, kwitansi
  3. Metoda, prangko, kuitansi
  4. Metode, perangko, kuitansi
  5. Metode, prangko, kuitansi

9.     Kalimat di bawah ini yang menggunakan kata bersinonim adalah …
  1. Mujur tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak.
  2. Lelaki tua yang menetap di sini telah meninggalkan desa ini.
  3. Penjaga took yang pingsan itu, telah siuman.
  4. Dua anak cukup laki-laki atau perempuan sama saja.
  5. Dalam junjungan singkat, gubernur memberikan sambutan ringkas. Kepada rakyat.

10.  Frasa yang merupakan makna ideomatik terdapat dalam kalimat …
  1. Setiap pagi kakakku hanya minum secangkir kopi pahit.
  2. Panjang lidah ular lebih dari dua belas sentimeter.
  3. Tangan kanannya dibalut akibat kecelakaan kemarin.
  4. Ia menunggang kuda hitam dalam pacuan kuda itu.
  5. Merah telinganya mendengar ucapan pedas itu.

II.         Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat!
  1. Sebutkan unsur-unsur bunyi bahasa yang menyertai pengucapan sejumlah bunyi bahasa!
  2. Mengapa bahasa yang digunakan setiap penutur di Indonesia berbeda-beda?
  3. Bilamana Anda menggunakan ragam bahasa lisan resmi?
  4. Jelaskan yang dimaksud dengan membaca dalam hati!
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan teknik membaca memindai!
  6. Bagaimana cara Anda melatih gerak mata!
  7. Sebutkan macam-macam ragam bahasa!
  8. Bagaimana pola pengembangan yang ditekankan dalam karangan narasi!
  9. Apa yang menyebabkan kesalahan makna!
  10. Benarkan pelafalan tidak baku berikut ini!
a.     Tauladan
b.    Ujud
c.     sistim


I.          Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

Kutipan bacaan berikut untuk soal nomor 1 dan 2.

Selama dua tahun terakhir, Negara-negara ASEAN disibukkan urusan krisis ekonomi dan financial. Sejumlah Negara mengalami guncangan berat. Bahkan, Indonesia dan Malaysia mengalami kegalauan politik. Bagitu halnya, Vietnam dan Filipina saling berebut kepulauan, sedangkan ketegangan terjadi di “segitiga emas” antara Kamboja, Thailan, dan Vietnam yang masing-masing mengklaim kawasan itu sebagai wilayahnya.

1.   Kutipan bacaan di atas merupakan kutipan prosa nonfiksi yang berbentuk …
A.  Berika
B.  Reportase
C.  Tips
D.  Opini
E.  Feature
2.   Kutipan bacaan tersebut mengandung tujuan agar …
  1. ASEAN lebih meningkatkan semangat solidaritas
  2. Menghargai dan memahami kepentingan Negara lain.
  3. Memupuk semangat bekerja sama antarnegara
  4. ASEAN tetap diperhitungkan sebagai kekuatan politik
  5. ASEAN tidak mudah digoyag kekuatan lain

3.     Perhatikan kutipan berikut!

1)     Saya pelajar SMK kelas satu, mempunyai masalah. Saya sering kena marah betapapun kecilnya kesalahan yang saya perbut. Tidak jarang kemarahan itu berkepanjangan dengan mengungkit-ungkit masa lalu. Jika melakukan kesalahan yang mereka anggap besar, habislah saya. Saya frustrasi dibuatnya. Saya menjadi tidak betah tinggal di rumah.
2)     Saya pelajar SMK. Usia saya baru 17 tahun. Oleh karena teman-teman saya dianggap pendiam dan pemalu. Sejak kecil saya belajar di sekolah khusus wanita. Orang tua saya ketat dank eras. Begitu keluarga pimdah ke kota lain, saya pun dipindahkan. Tak ada sekolah khusus wanita. Terpaksa saya pindah ke sekolah campuran. Di situ saya mulai berkenalan dengan anak-anak pria.

Tema kedua penggalan di atas yaitu mengutarakan …
A.    Jiwa pelajar
B.    Obsesi pelajar
C.    Masalah pribadi
D.    Kemauan pelajar
E.    Identitas pelajar

4.     System transportasi masal seperti kereta api sangat dibutuhkan keberadaan di kota besar seperti Jakarta. Pembangunan system ini sebenarnya sudah direncanakan dengan akan dibangunnya system jaringan kereta api bawah tanah. Tingkat yang berada di atasnya dapat dimanfaatkan untuk jalan, pertokoan,atau fasilitas lainnya.

Tema paragraph di atas adalah …
A.    Kereta api merupakan sarana transportasi missal
B.    Kereta api bawah tanah menghemat pemanfataan lahan
C.    Kereta api bawah tanah enunjang kota-kota besar
D.    Kereta api bawah tanah menunjang teknologi modern
E.    Kereta api bawah tanah merupakan system transportasi yang paling cocok di Indonesia

5.     Amat disayagkan bila air terjun yang turun segera dilarikan ke selokan dan sungai terus menuju laut tanpa dimanfaatkan lebih untuk menunjang kehidupan manusia lebih dahulu. Seyogianya rahmat yang diturunkan Allah itu dimanfaatkan semaksimal mungkin. Seyogiayan warga kota besar menyediakan sumur untuk menampung air hujan di halaman masing-masing sehingga kemampuan tanah untuk menyerap air meningkat.

Pesan yang disampaikan penulis melalui bacaan di atas adalah …
  1. Manfaatkan air hujan semaksimal mungkin
  2. Tampunglah air hujan pada bak-bak penampungan air
  3. Syukurilah nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kita
  4. Buatlah sumur peresapan di halaman rumah masing-masing
  5. Buatlah saluran air agar air hujan segera mengalir ke kali

6.     Menteri Negara Kependudukan. Dalam dua pelita, kemiskinan di lpedesaan akan terhapus. Kemiskinan hilang yang ada “ketertinggalan.”

Informasi yang terdapat dalam kolom khusus di atas adalah …
  1. Di desa-desa banyak terhadap kemiskinan.
  2. Desa-desa miskin akan dihapuskan dalam dua pelita.
  3. Dalam dua pelita kemiskinan di pedesaan akan terhapuskan
  4. Masalah desa-desa miskin akan dihilangkan
  5. Menteri Negara Kependudukan membahas masalah desa miskin.

7.     Acara lain yang juda menarik adalah acara dari desa ke desa, di sini kita bias menyaksikan wajah desa yang hijau, tenang, jauh dari hiruk pikuk. Perilaku orang-orang desa yang polos murni sepatutnya dicontoh oleh orang-orang kota. Kecantikan alam desa selalu menggugah rasa, ingin kita mengunjunginya, sekaligus bangga, betapa beragamnya tanah air tercinta ini. Dan memang benar acara ini semakin menebalkan rasa cinta dan bangga akan negeri sendiri.

Pesan yang terdapat di dalam paragraph di atas adalah …
  1. Acara yang menarik adalah dari desa ke desa
  2. Perilaku orang desa patut untuk ditiru dan dicontoh.
  3. Acara dari desa ke desa menebalkan rasa cinta tanah air
  4. Kecantikan alam desa selalu nenggugah rasa cinta keindahan
  5. Desa yang hijau, jauh dari hiruk pikuk .

8.     Bagi masyarakat Maluku, subsector perhubungan laut bukan hanya menjadi penunjang pelaksanaan pemerintahan, melainkan juga menjadi factor penentu pembangunan. Oleh karena itu, amat wajar kalau Gubernur Maluku menuntut adanya hot mixed di laut dan ada ada armada yang melayani jalan cepat antarpulau di provinsi itu.

Iklan yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah …
  1. Ingat terbang, ingat “Flying Air”.
  2. Berlayarlah bersama kami, KM Rindang cepat, aman, dan nyaman.
  3. Jangan lupa minum obat antimabuk jika Anda mau berlayar
  4. Just fresh minuman segas di perjalanan
  5. Beli tiket hari ini juga. Penumpang terbatas

9.    

Tema kutipan puisi di samping adalah …
  1. Pembangunan
  2. Peperangan
  3. Keteladanan
  4. Kepahlawanan
  5. Kesejukan

 
            Diponegoro
Di masa pembangunan ini
Tuan hidup kembali
Dan bara kagum jadi api
Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar, lawan banyaknya seratus kali
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tidak bisa mati
                                             Chairil Anwar


Kutipan puisi di bawah ini digunakan untuk soal nomor 10 dan 11.


10.  Majas yang terdapat dalam kutipan puisi di samping adalah …
  1. Hiperbola
  2. Personifikasi
  3. Eufemisme
  4. Metafora
  5. Alegori

 
          Tanah Airku
Seruling di pasir ipis merdu
Antara gundukan pohon pina
Tembang menggema di dua kaki
Burangrang-Tangkuban Perahu
Embun di pucuk-pucuk
Embun di air tipis menurun
                              Ramadhan KH

11.  Kata embun dalam puisi tersebut merupakan lambang …
A.    Kekayaan                                              D.   Kemegahan
B.    Kehormatan                                          E.   Kesejukan
C.    Kekuasaan


12.  Bacalah kutipan cerpen di bawah ini!
Bu Hamdi masih manggut-manggut. Tetapi hatinya menolak saran-saran Heni itu. “Bu, sebetulnya banyak yang tertarik dengan baju-baju buatan Bu Hamdi. Tetapi, gimana, ya, harganya terlalu mahal. Kalau mau laris, harus di bawah harga outlet atau mal… ya, habis, Bu Hamdi kasih harga terlalu tinggi. Sulit saya menjualnya.

Watak tokoh Bu Hamdi dalam penggalan cerpen di atas adalah …
  1. Penurut
  2. Pemalu
  3. Meparah
  4. Sombong
  5. Jujur

13.  Bacalah kutipan cerpen di bawah ini!

Rais menarik napas panjang. Dadanya berdetak dan bibirnya bergetar. Dia sengaja mempercepat rapat di kantor dengan harapan bias melewatkan malam Minggu bersama. Ia juga telah menonaktifkan HP-nya. Tetapi, ternyata istrinya pergi seorang diri.

Unsur latar pada kutipan cerpen di atas adalah …
A.    Rumah                                                  D.   Restoran
B.    Kantor                                                  E.   Teman
C.    Kamar

14.  Disambut taksi-taksi yang berebut penumpang, yang diperebutkan semakin jual mahal. “Ke mana Bu?” tanyaku pada seorang ibu yang kebetulan lewat dengan tentengan belanjaan yang lumayan banyak.

Unsur latar pada kutipan cerpen di atas adalah …
A.    Jalan                                                    D.   taksi
B.    Rumah                                                  E.   taman
C.    Kantor

15.  Gadis itu mulai merasakan suasana sepi yang muncul daei sela-sela cahaya sore yang redup dan gerimis. Ia, akhirnya, berketetapan menjemput ayahnya, membawakan payung untuknya. Ia tak mau melihat ayahnya selesma dan demam kalau kena gerimis senja. Ia lihat jam dinding, lalu langsung mengambil payung yang tersandar dekat pintu itu, keluar rumah setelah menutup pintu dengan hati-hati dan menguncinya.

Watak tokoh gadis kecil dalam kutipan di atas adalah …
A.    Sombong                                             D.   Jujur
B.    Baik                                                      E.   Pemaaf
C.    Pemarah

Kutipan cerita digunakan untuk soal nomor 16 – 19.

Tatkala aku masuk sekola MULO, dengan fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda.

16.  Tema kutipan cerpen di atas adalah …
  1. Kesenangan menjadi orang Belanda
  2. Kebanggaan seseorang karena sekolah di MULO
  3. Kebanggaan seseorang karena kefasihan berbahasa Belanda
  4. Kebahagiaan bias lebih unggul daripada yang lain
  5. Kecintaan kepada tanah air walaupun fasih berbahasa Belanda

17.  Sudut pandang pengarang yang digunakan dala penggalan cerita tersebut adalah …
A.  Orang pertama pelaku utama                         D.   orang pertama dan ketiga
B.  Orang ketida pelaku sampingan                     E.   orang ketiga serbatahu
C.  Orang ketiga pelaku utama

18.  Watak tokoh “aku” dalam penggalan cerita tersebut adalah …
A.    Percaya diri                                           D.   rajin berusaha
B.    Mudah menyesuaikan diri                       E.   mudah dipengaruhi
C.    Sombong

19.  Watak tokoh “aku” digambarkan melaui …
A.    Perbutan tokoh                                     D.   dialog tokoh lain
B.    Perkataan tokoh                                    E.   pikiran tokoh
C.    Kebiasaan tokoh

Puisi perikut digunakan untuk soal nomor 20 – 22

Karangan Bunga
Tiga anak kecil
Dalan langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
“Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati siang tadi”

20.  Maksud puisi di atas adalah …
  1. Menggambarkan anak kecil yang malu-malu
  2. Menceritakan peristiwa sore itu
  3. Menceritakan tiga anak kecil dating
  4. Menunjukkan pita hitam dalam karangan bunga
  5. Menggambarkan peristiwa kedukaan

21.  Kata dalam puisi di atas yang memiliki makna peyorasi adalah …
A.    Anak                                                     D.   mati
B.    Malu                                                     E.   tadi
C.    Ditembak

22.  Makna lambing kata “pita hitam” dalam puisi di atas adalah tanda …
  1. Bersedih
  2. Berduka
  3. Berdoa
  4. Bermohon
  5. Berharap

23.  Rudi baru pindah di asrama itu minggu yang lalu. Tetapi, ia telah dapat menyesuaikan diri dengan para penghuni asrama lainnya. Para penghuni asrama dapat menerimanya dengan baik. Rudi seperti masuk kandang kambing mengembik masuk kandang macan mengaum.

Peribahasa dalam kutipan berita di atas berarti …
A.    Orang yang mudah dipengaruhi orang lain.      D.   orang yang teguh pendirian
B.    Orang yang gampang berubah-ubah.               E.   orang yang mudah menyesuaikan diri
C.    Orang yang sangat keras kepala

24.  Maksud kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk:
  1. Mempererat hubungan antarsiswa di SMK ini
  2. Memacu kreativitas dalam bidang fotografi
  3. Memberntuk kegiatan remaja yang positif

Bagian proposal di atas termauk …
A.    Latar belakang                                                  D.   Kepanitiaan
B.    Dasar pemikiran                                                E.   Anggaran
C.    Tujuan

25.  Untuk mengisi liburan semester, teman-teman sekelas akan melaksanakan kegiatan bakti social berupa pasar murah di desa. Proposal kegiatan tersebut telah disusun dan akan dibahas bersama sebelum diajukan kepada kepala sekolah dan pihak-pihak lain guna mendapatkan persetujuan dan bantuan. Dalam proposal, terdapat, (a) latar belakang dan dasar pemikiran, (b) jenis kegiatan, (c) anggaran/pembiayaan, (d) waktu dan tempat pelaksanaan, dan (e) susunan panitia

Bagia yang belum tercantum dalam proposal tersebut adalah …
A.    Nama pabrik yang memproduksi barang yang akan dijual
B.    Maksud dan tujuan kegiatan
C.    Nama siswa yang pertama-tama mempunyai ide untuk menyelenggarakan pasar murah
D.    Pembagian tugas setiap siswa dalam penyelenggaraan pasar murah
E.    Bentuk kegiatan persiapan yang telah dilakukan dalam rangkan penyelenggaraan pasar murah

26.  OSIS akan mengadakan bakti social dalam bentuk pasar murah. Hal berikut perlu dicantumkan dalam proposal kegiatan tersebut, kecuali
A.    Latar belakang                                                  D.   Susunan panitia
B.    Tujuan                                                               E.   Anggaran biaya
C.    Proyek keuntungan

27.  Hal-hal yang lperlu dilampirkan pada proposal kegiatan seminar adalah sebagai berikut, kecuali
A.    Notula seminar                                                  D.   Jadwal kegiatan
B.    Susunan panitia                                                 E.   Formulir-formulir
C.    Rincian biaya

28.  Dasar pemikiran
a.     Teknologi sangat lpenting, tetapi tidak berarti bahwa seni lpatut diabaikan
b.    Manusia memerlukan seni seperti juga memerlukan teknologi

Informasi yang utama dalam penggalan proposal bersebut adalah …
A.    Teknologi                                              D.   Manusia memerlukan teknologi
B.    Seni sangat penting                               E.   Teknologi dan seni diperlukan oleh manusia
C.    Manusia memerlukan seni

29.  Pada karya ilmiah, disajikan kembali secara ringkas dan jelas pokok-pokok permasalahan yang telah dibahas. Hal tersebut dalam karya ilmiah terdapat pada bagian …
A.    Lpendahuluan                                                    D.   Penutup
B.    Latar belakang                                                  E.   Saran
C.    Lampiran

30.  Osis SMK Teknologi Assalam akan mengadakan seminar yang beremakan peningkatan minat baca siswa. Untuk itu, Ketua Osis harus membuat proposal untuk diajukan kepada sekolah agar mendapatkan rekomendasi dan bantuan dana.

Kalimat yang paling tepat untuk latar belakang proposal tersebut adalah …
  1. Buku merupakan sumber ilmu pengetahuan, namun minat baca siswa kita masih sangat rendah
  2. Dengan banyak membaca, pengetahuan siswa dapat ditingkatkan untuk berbagai bidang ilmu
  3. Dengan seminar, minat baca pelajar dapat ditingkatkan dan digalakkan di sekolah.
  4. Orang yang sukses dalam kehisupan tidak lepas dari kegemaran membaca, menulis, dan berhitung
  5. Seminar dilaksanakan agar pelajar bertambah pengetahuannya melalui minat membaca.

Kutipan cerita di bawah ini digunakan untuk soal nomor 31 - 35
Guntur cerita menggema dan hujan menderas lebih hebat lagi. Hati Darsa semakin kecut. Mungkin sore ini dia harus merelakan niranya berubah menjadi cairan asam. Darsa hamper putus asa. Tetapi bamboo penadah nira harus memanggil dan mengusik hatinya minta diangkat. Namun, harapannya kembali pupus ketika guntur meledak-ledak dan hujan semakin menggila.
31.  Kalimat “Hati Darsa semakin kecut” menggunakan makna …
A.    Lugas                                                               D.   Konseptual
B.    Denotasi                                                           E.   Leksikal
C.    Konotasi

32.  Kata kecut dalam kalimat “Hati Darsa semakin kecut” memiliki makna …
A.    Asam                                                                D.   Marah
B.    Muram                                                              E.   Takut
C.    Sedih

33.  Kalimat yang mengandung peribahasa terletak pada baris …
A.    Pertama                                                            D.   Keempat
B.    Kedua                                                               E.   Kelima
C.    Ketiga

34.  Kutipan cerita di atas mengandung majas …
A.    Personifikasi                                                     D.   Hiperbola
B.    Metafora                                                           E.   Alegori
C.    Asosiasi

35.  Kalimat yang mengandung majas terletak pada kalimat nomor …
A.    Satu dan dua                                                    D.   Empat dan lima
B.    Dua dan tiga                                                     E.   Lima dan enam
C.    Tiga dan empat

Kutipan cerita di bawah ini digunakan untuk nomor 36 dan 37

Aku angkat topi dengan keberhasilan Sinu. Dia anak yang memiliki kemauan keras. Pada awalnya semua orang menganggap Sinu anak yang hilang akal. Sinu selalu saja melakukan kegiatan yang dianggap orang menegakkan benang basah. Tapi pada akhirnya, karyanya dipuja orang dani sangat digemari oleh masayarakat.

36.  Ungkapan yang terdapat dalam cerita di atas adalah …
A.    Angkat topi dan kemauan keras                         D.   Dipuja orang dan hilang akal
B.    Hilang akal dan kemauan keras                          E.   dipuja orang dan angkat topi
C.    Angkat topi dan hilang akal

37.  Kalimat yang mengandung peribahasa adalah kalimat …
A.    Pertama                                                            D.   Keempat
B.    Kedua                                                               E.   Kelima
C.    Ketiga

Kutipan cerita di bawah ini digunakan untuk nomor 38 – 42

Tetapi Papi rupa-rupanya tidak berkeberatan aku bergaul dengan anak-anak sepandri atau sedadu krocuk. Tentulah Papi harus menjaga gengsi dan secara resmi harus memarahi akau. Sebab itu leknan dan Raden Mas dari keluarga raja angkunegara. Akan tetapi, aku merasa, Papi tidak berkeberatan, atau paling sedikit membiarkan aku punya kawan-kawan bermain dari kelangan proletar tangsi. Pernah di kamar aku mendengar Mami protes keras dan menuduh Papi kurang mendidik anaknya. Dan kalu tidak salah Papi bilang tentang pengalaman hidup praktis, kelas si anak, kalau jadi keomandan atau pegawai tinggi, dapat beruntung berkat pergaulan dengan lapisan bawah dan sebagainya atau semacam itu. Kelak sesudah aku menjdi palajar HBS dalam suatu kesempatan kol segala kerabat istana Mangkunegaran. Papi mengajakku memasuki ruang dalam, ruang pemilik istana. Siapa pemilik istana? Bukan Gusti Raja Mangkunegaran melainkan Dewi Sri.

38.  Latar yang tergambar dalam penggalan novel di atas adalah …
A.    Kelak                                                                D.   Di kamar
B.    Ruang dalam                                                     E.   Ruang pemilik istana
C.    Malam hari

39.  Tokoh Papi digambarkan memiliki sifat …
A.    Penyabar                                                          D.   Pendendam
B.    Disiplin                                                             E.   Bijaksana
C.    Pemarah

40.  Watak tokoh digambarkan melalui …
A.    Percakapan tokoh lain                                       D.   Pikiran-pikiran tokoh
B.    Tingkah laku atau perbutan tokoh                       E.   Percakapan atau dialog tokoh lain
C.    Pemikiran tokoh

41.  Sudut pandang yang dipakai oleh pengarang dalam kutipan cerpen di atas adalah …
A.    Orang pertama pelaku utama                             D.   Orang ketiga pelaku utama
B.    Orang pertama pelaku sampingan                      E.   Orang ketiga pelaku sampingan
C.    Orang pertama sebatahu

42.  Tema kutipan cerita di atas adalah …
A.    Kebebasan dalam berteman                               D.   Mendidik calon letnan
B.    Syarat-syarat memilih teman                              E.   Perbedaan status sosial
C.    Belajar bertemen dengan orang lain

Kutipan puisi di bawah ini digunakan untuk nomor 43 dan 44

Kau tak akan mengerti bagaimana kesepianku
Menghadapi kemerdekaan tanpa cinta
Kau tak akan mengerti sebala lukaku
Karena cinta telah sembunyikan pisaunya
Membayangkan wajahmu adalah siksa
Kesepian adalah ketakutan dan kelumpuhan
Engkau telah menjadi racun bagi darahku
Apabila aku dalam kengen dan sepi
Itulah berate
Aku tungku tanpa api

43.  Tema puisi di atas adalah …
A.    Kegelisahan                                                      D.   Kelumpuhan
B.    Kemerdekaan                                                    E.   Kerinduan
C.    Ketakutan

44.  Imaji yang terdapat dalam kutipan puisi di atas adalah …
A.    Imaji perasa                                                      D.   Imaji Penglihatan
B.    Imaji pendengar                                                 E.   imaji pengecap
C.    Imaji pencium




Kutipan proposal di bawah ini digunakan untuk nomor 45 dan 46

Oleh karena itu, peranan pengajaran bahasa Indomesia harus diupayakan agar ada kesesuaian dan kesepadanan dengan bidang lain sehingga dapat menunjang transpormasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Di damping itu, kita harus mengupayakan sikap positif terhadap bahasa Indonesia, baik sebagai bahasa Indonesia maupun sebagai bahasa negara …

45.  Masalah yang dibicarakan dalam penggalan proposal tersebut adalah …
  1. Fungsi bahasa Indonesia dalam transformasi pengetahuan
  2. Salah satu upaya penyesuaian bahasa Indonesia dengan bidang lain
  3. Menyepadankan pengajaran bahasa Indonesia dengan bidang lain dan bersikap positif terhadap bahasa Indonesia
  4. Peran bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara
  5. Kedudukan bahasa Indonesia

46.  Kutipan proposal di atas merupakan bagian proposal yang termasuk …
A.    Tujuan proposal                                                D.   Kesimpulan dan saran
B.    Latar belakang                                                  E.   Harapan proposal
C.    Jenis kegiatan

Kkalimat di bawah ini digunakan untuk soal nomor 47 dan 48

Tugas koordinator acara adalah membuat acara dalam kegiatan adalah tugas yang sangat berat

47.  Kalimat di atas salah jika digunakan dalam proposal karena kalimat tersebut …
A.    Tidak baku                                                        D.   Tidak lazim
B.    Tidak bernalar                                                   E.   Tidak efektif
C.    Tidak konsisten

48.  Kalimat di atas jika di benarkan akan menjadi …
  1. Tugas coordinator acara adalah membuat acara dalam kegiatan. Tugas tersebut adalah tugas yang sangat berat
  2. Tugas acara coordinator adalah membuat acara dalam kegiatan adalah tugas yang sangat berat
  3. Membuat acara dalam kegiatan adalah tugas acara coordinator acara yang berat
  4. Selamanya tugas coordinator acara kegiatan sangat berat saat membuat acara
  5. Saat membuat acara coordinator dalam suatu kegiatan adalah tugas yang berat

49.  Engkau Putri Duyung/rawanku/Putri Duyung dengan suara merdu/lembut bagi angin laut/mendesah bagiku.

Penggalan puisi di atas mengandung majas …
A.    Hiperbola                                                          D.   Anekdoke
B.    Simile                                                               E.   Antitesis
C.    Sinekdoke

50.  Ini kali tidak ada yang mencari cinta
Di antara gunung, rumah tua, pada cerita
Tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlalu
Menghembus diri dalam mempercayakan bau berpatu

Penggalan puisi di atas mengandung makna …
A.    Kedudukan                                                       D.   Kemiskinan
B.    Kemuraman                                                       E.   Kesengsaraan
C.    Ketakutan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar